Dalam menjalankan bisnis, Anda harus sadar sepenuhnya bahwa kemauan yang besar saja tidaklah cukup. Anda harus punya strategi yang jitu, sehingga nantinya bisa sukses memasarkan produk Anda.

Salah satu dari strategi bisnis terbaik yang bisa disontek adalah strategi 4P, yang merupakan singkatan dari product, price, place, dan promotion. Simak cara kerja strategi tersebut berikut ini. 

Apa Itu Strategi 4P?

Dalam dunia bisnis, 4P merupakan strategi yang sangat tersohor. Strategi ini kerap kali digunakan dalam bidang pemasaran atau marketing.

Kepanjangan dari nama strategi ini sendiri adalah product, price, place, dan promotion atau barang, harga, tempat, dan promosi dalam Bahasa Indonesia. Dasar terciptanya strategi ini sendiri adalah munculnya gagasan yang disebut bauran pemasaran. 

Baca juga:
Pengertian Break Even Point, Cara Menghitungnya Beserta Contoh

Bauran pemasaran merupakan gagasan yang dipopulerkan oleh Neil Borden pada tahun 1950-an. Bauran pemasaran dipahami sebagai faktor-faktor yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan, agar bisa menarik minat konsumen untuk membeli produknya. Dari ide bauran pemasaran yang dicetuskan oleh Neil Borden ini, E. Jerome McCarthy pun kemudian memunculkan konsep strategi 4P.

Dari penjelasan di atas, tentu Anda bisa menyimpulkan bahwa faktor untuk menarik minat konsumen menurut strategi ini adalah barang, harga, tempat, dan juga promosi.

4 hal ini sudah mencakup baik faktor internal maupun faktor eksternal yang mempengaruhi tingkat penjualan produk. Optimalnya pemanfaatan 4 faktor ini, akan bisa membuat bisnis Anda berkembang dengan baik. 

4 Faktor Penentu Keberhasilan Pemasaran 

Strategi 4P menyebutkan bahwa product, price, place dan promotion menjadi penentu utama keberhasilan pemasaran produk dalam dunia bisnis.

Jadi, alangkah baiknya jika Anda sebagai pelaku bisnis, fokus pada peningkatan kualitas 4 faktor tersebut. Anda bisa simak ulasan berikut ini mengenai konsep 4 elemen strategi tersebut, berikut dengan cara menerapkannya. 

1. Product 

Keberadaan product atau produk yang akan dijual merupakan hal yang sangat esensial sifatnya. Pasalnya, produk merupakan komoditas yang akan Anda jual. Jika tak ada produk, maka tak ada yang perlu dipasarkan.

Jadi, tentu bisa Anda simpulkan bahwa produk merupakan kunci utama dalam melakukan pemasaran. Tanpa adanya produk, tak akan ada harga, tempat, ataupun bentuk promosi. 

Bagi Anda yang masih baru akan memasuki dunia bisnis dan masih memikirkan jenis produk apa yang akan dijual, sebaiknya lakukan riset pasar. Lihatlah apa saja produk yang banyak dibeli dan dibutuhkan oleh pasar yang Anda tuju.

Jika perlu, tanyakan langsung pada konsumen mengenai produk yang mereka butuhkan, namun tak mudah untuk memperoleh produk tersebut. 

Jika Anda sudah lama bergelut di dunia bisnis, jangan lupakan untuk selalu meminta feedback berupa kritik dan saran dari para konsumen. Kritik dan saran tersebut akan bisa dijadikan sebagai tolak ukur dalam mengembangkan serta memperbaiki kualitas produk menjadi lebih baik lagi. Jadikan kepuasan konsumen dalam menggunakan produk, sebagai motivasi Anda dalam berbisnis. 

Sebagai pengingat, jangan pernah berhenti mengevaluasi produk, bahkan saat produk tersebut laku keras di pasaran. Penurunan kualitas diakibatkan quality control yang tak sebaik dulu, bakal bisa membuat konsumen yang susah untuk Anda dapatkan menjadi kecewa dan beralih ke produk lain.

Oleh sebab itu, selalu jaga kualitas produk dan jadikan masukan konsumen sebagai bahan perbaikan. 

2. Price 

Saat Anda sedang berkeliling mencari sepatu di pasar, apa faktor lain yang mempengaruhi Anda untuk membelinya disamping bahan dari sepatu tersebut? Sudah pasti jawabannya adalah harga dari sepatu tersebut. Perpaduan antara kualitas produk dan harga inilah yang membuat price atau harga menjadi elemen penting dalam pemasaran menurut strategi 4P ini.   

Produk yang bagus saja belum bisa menjamin konsumen memutuskan untuk membelinya. Namun, jika harganya reasonable dan sesuai dengan kantong pembeli, sudah pasti produk tersebut akan dibawa pulang.

Oleh sebab itu, sebagai pelaku bisnis, Anda sangat perlu untuk melakukan riset terkait dengan harga pasar, sebelum menetapkan harga untuk produk yang dijual. 

Dalam menentukan harga, Anda bisa jadikan harga pasar sebagai patokan atau acuan Anda. Selain itu, Anda bisa juga hitung harga pokok penjualan ditambah dengan profit yang diinginkan. Ingat selalu untuk tidak menjual produk dengan harga yang terlalu mahal atau terlalu murah dibandingkan dengan harga pasarannya. 

Menjual barang dengan harga mahal dibandingkan harga pasar, hanya akan membuat Anda ditinggalkan konsumen, Bagaimana tidak, ia bisa membeli barang serupa dengan harga yang lebih terjangkau di toko lain dibandingkan dengan toko Anda.

Jangan juga jual produk dengan harga yang terlalu murah, karena apa gunanya produk banyak terjual namun tak ada keuntungan yang diperoleh. 

3. Place 

Faktor selanjutnya menurut strategi 4P ini yang akan sangat mempengaruhi minat beli konsumen adalah place atau tempat produk dijual. Saat ini sendiri, tersedia 2 jenis tempat berjualan, yakni offline dan online.

Adanya toko online, merupakan solusi terbaik bagi Anda yang kesulitan menjual produk, dikarenakan keterbatasan dana untuk membeli atau menyewa tempat. 

Dalam penjualan offline, lokasi toko menjadi salah satu kunci keberhasilan penjualan produk. Bayangkan saja jika Anda berada di posisi sebagai konsumen, Anda tentu memilih untuk belanja di tempat yang strategis dan mudah dijangkau, dibandingkan dengan tempat yang untuk mencapainya saja harus menghabiskan waktu berjam-jam. 

Selain lokasi, desain dari toko offline juga bisa membantu dalam meningkatkan penjualan. Sebagai buktinya, lihat saja deretan kafe kekinian yang didesain dengan begitu ciamik oleh pemiliknya.

Hasilnya, kunjungan ke kafe tersebut melonjak, dikarenakan konsumen tak hanya suka dengan produknya, namun juga dengan suasana kafe tersebut. 

Jika Anda menjual produk secara online, manfaatkanlah media sosial Anda dengan semaksimal mungkin. Anda bisa pilih username yang unik untuk toko online Anda, sehingga saat konsumen mendengarnya, akan langsung mengingatkannya pada toko Anda.

Berjualan di situs resmi toko misalnya, akan lebih disukai jika situsnya ringan dan memudahkan konsumen mencari produk pilihannya. 

4. Promotion 

Terakhir, promotion atau promosi turut menjadi hal krusial dalam menentukan keberhasilan penjualan sebuah produk. Dengan melakukan promosi, konsumen jadi tahu bahwa Anda menjual produk tersebut. Semakin menarik promosi yang Anda lakukan, maka konsumen akan semakin tertarik membeli produk dari toko Anda. 

Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan produk jualan Anda. Anda bisa promosi melalui brosur, spanduk, flyer, dan bentuk promosi offline lainnya. Asyiknya lagi, promosi ini bahkan bisa Anda lakukan secara gratis dengan memanfaatkan akun media sosial yang Anda miliki. 

Sebagai contoh, salah satu strategi promosi yang sangat jitu saat ini adalah dengan menggunakan jasa selebgram. Selebgram dengan banyak pengikut di akun media sosialnya, akan bisa mendatangkan konsumen dalam jumlah yang tak sedikit untuk Anda. Jika belum bisa memakai jasa selebgram dengan jutaan pengikut, selebgram dengan puluhan ribu pengikut pun tak mengapa kok. 

Agar promosi tersebut makin berhasil, Anda bisa tunjukkan apresiasi Anda pada konsumen dengan menawarkan promo berupa diskon pembelian produk.

Diskon merupakan salah satu hal yang menarik konsumen untuk membeli sebuah produk. Anda bisa beri diskon misalnya saat toko Anda berulang tahun atau diskon khusus saat konsumen tersebut berulang tahun. 

Manfaat Penerapan Strategi Pemasaran 4P 

Optimalnya penerapan strategi pemasaran satu ini, tentu akan bisa mendatangkan banyak manfaat bagi bisnis yang Anda rintis. Intinya, jangan hanya fokus pada satu faktor saja di strategi ini, melainkan optimalkan usaha Anda pada ke 4 faktor yang ada. Jika berhasil menerapkannya, deretan manfaat berikut ini akan bisa Anda peroleh. 

1. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Saat Anda menerima kritik dan saran yang diberikan oleh konsumen, itu berarti Anda menganggap mereka sebagai bagian yang penting dalam bisnis yang Anda jalankan. Hasilnya, Anda bisa menghadirkan produk yang sesuai dengan harapan mereka. Dengan begini, bukanlah hal sulit bagi Anda untuk mendapatkan loyalitas dari konsumen tersebut.

Loyalitas konsumen pada bisnis Anda bisa dilihat dari kesetiaannya dalam membeli produk Anda berulang kali. Konsumen pun tak akan pikir dua kali untuk merekomendasikan produk di toko Anda pada kenalannya. Dengan begini, tak hanya loyalitas yang Anda peroleh, namun juga promosi secara gratis melalui konsumen Anda. 

2. Pedoman dalam Mengambil Keputusan Terkait Bisnis

4 faktor yang tercakup dalam strategi pemasaran satu ini bisa membuatnya jadi pedoman bagi Anda dalam mengambil keputusan terkait dengan bisnis yang Anda jalankan.

Misalnya saja, harga produk yang Anda jual relatif tinggi. Melihat dari faktor harganya ini, Anda bisa sesuaikan pasar yang akan Anda bidik, yakni konsumen dengan penghasilan yang lebih tinggi.  

3. Meningkatkan Brand Awareness 

Manfaat selanjutnya yang dihadirkan oleh strategi pemasaran ini adalah meningkatnya brand awareness atas produk di mata konsumen Anda. Brand awareness merujuk pada kemampuan konsumen dalam mengenali merek, logo, quote, nama, atau hal apa pun yang berkaitan dengan suatu produk. 

Tingginya brand awareness atas produk Anda, berarti produk tersebut sudah melekat di ingatan konsumen. Misalnya, jika bicara mengenai produk tertentu, maka merek atau toko yang akan dia ingat adalah toko Anda.

Semakin tinggi brand awareness konsumen atas suatu produk, maka bisa dipastikan produk tersebut laku di pasaran. 

4. Peningkatan Jumlah Penjualan 

Meningkatnya jumlah penjualan barang tentu menjadi manfaat yang sangat besar dari penerapan strategi ini. Semakin dikenal produk Anda, maka akan semakin banyak konsumen yang tertarik untuk memilikinya. Jadi, jangan heran jika penjualan Anda dari hari ke hari akan semakin meningkat tajam. 

Semakin banyaknya produk yang berhasil dijual, akan mendatangkan profit yang lebih besar bagi Anda. Dari sana, Anda bisa berpikir untuk mulai memperluas bisnis Anda.

Bisa jadi Anda semula hanya menyewa ruko kecil, kemudian memutuskan membeli toko yang lebih luas karena bisa menyimpan produk dengan jumlah yang lebih banyak. 4P yang merupakan singkatan dari product, price, place, dan promotion merupakan strategi pemasaran yang sudah acap kali digunakan untuk menarik minat konsumen.

Optimalnya integrasi 4 faktor ini, akan bisa membuat Anda memperoleh profit yang main banyak seiring berjalannya waktu. Tentu saja, profit yang diperoleh seiring dengan kepercayaan yang diberikan oleh konsumen. 

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.