Brand Canon memiliki beberapa kasta yang berbeda. Mulai dari entry level, mid-range, semi advance, advanced, hingga profesional. Di antara beberapa tingkatan itu, kelas mid-range masih menjadi pilihan terfavorit bagi fotografer pemula.

Selain harganya sangat terjangkau, beberapa kamera Canon terbaik ini juga dilengkapi oleh fitur-fitur canggih.

1. Canon 700D

Dari segi ketajaman gambar, kemampuan Canon 700D tidak perlu diragukan lagi. Munculnya banyak noise seringkali bikin para fotografer jadi bad mood.

Untuk mengatasi hal itu, Canon membekali varian kamera ini dengan teknologi image processor DIGIC 5. Alhasil, kemampuan ISO-nya bisa meningkat hingga 12800.

Berkat teknologi ini, kamera Canon 700D ini bisa beradaptasi dengan kondisi yang memiliki pencahayaan minim. Selain itu, ada pula fitur keren bernama LCD vari-angle yang membuat posisi kamera bisa diputar sampai 360 derajat.

Mantap, kan? Ditambah lagi dengan adanya mode auto focus dan mode continuous shooting agar bidikan jadi lebih cepat.

2. Canon 650D

Fitur auto focus juga dimiliki oleh kamera ini. Cara kerjanya sangat sederhana. Dengan adanya 9 titik fokus, responnya jadi lebih cepat dan sensitif.

Hanya saja, ketika memanfaatkan fitur ini sebaiknya gunakan di latar yang punya cukup pencahayaan. Soalnya kalau dipakai saat kondisi latar sedang minim cahaya, kemampuannya cenderung turun.

Bahkan fitur ini terkesan cuma bolak-balik tanpa mengunci fokus sama sekali. Untungnya kamera ini punya sensor APS-C dengan resolusi sebesar 18 MP. Jadi kekurangan-kekurangannya bisa diminimalisir.

Baca juga:
5 Merek Mouse Gaming Wireless Terbaik Tahun 2021

Apalagi kalau Anda menggunakan ISO di bawah 400 dan lensa berkualitas tinggi. Saat masuk editing, kualitas gambar tetap terjaga dengan baik.

3. Canon 550D

Dibanding pendahulunya (500D), kamera Canon ini lebih canggih dan modern. Dari segi body memang nyaris sama. Bedanya, Canon 550D ini memiliki tombol ekstra pada bagian belakang kamera.

Saat berada dalam genggaman, kamera ini juga terasa lebih nyaman dan kukuh. Alhasil, gambar yang akan ditangkap jadi lebih stabil meski tak pakai penyangga.

Canon 550D memiliki fitur movie mode yang mampu merekam video berkualitas tinggi seperti pada resolusi 1080p. Untuk memperbesar tampilan, Anda hanya perlu menekan movie crop yang ada di tengah-tengah gambar.

Walaupun sudah di-zoom hingga 7 kali, kualitas gambarnya tetap tinggi tanpa khawatir terganggu dengan kemunculan noise.

4. Canon 450D

Walau tidak secanggih 3 kamera Canon terbaik sebelumnya, varian ini cukup tangguh jika digunakan oleh fotografer pemula. Sebab, resolusi kameranya sebesar 12.2 MP.

Untuk sensitivitas ISO-nya sendiri ada pada rentang 100 sampai dengan 1600. Kamera ini juga bisa menyimpan foto dengan 3 pilihan format: RAW, DPOF, dan JPEG.

Ukuran layar kamera ini memang cukup kecil, yakni 3.0. Namun mampu memuat foto dengan resolusi hingga 4272 x 2848. Ketika diperbesar, kualitas gambarnya tetap terjaga.

Baterainya pun awet karena menggunakan tipe lithium-ion LP-E5. Alhasil, Anda bisa memakai kamera ini untuk memotret objek hingga lebih dari 500 kali.

5. Canon 350D

Bisa dibilang, inilah kamera Canon level mid-range yang memiliki spek paling rendah. Resolusi kameranya saja cuma 8.2 MP.

Untuk fitur auto focus, terdapat 7 titik yang berfungsi untuk menganalisis objek. Berkat adanya pengembangan prosesor DIGIC II, kinerja auto focus jadi bisa lebih responsif ketika diarahkan ke objek.

Harga kelima kamera Canon terbaik untuk level mid-range di atas tidak sampai 8 juta Rupiah. Cukup murah, bukan? Pas sekali untuk coba-coba ketika baru terjun ke dunia fotografi. Untuk awalan, bidik objek secara cermat dan penuh ketenangan.

Nanti toh lama-lama bisa juga memakai teknik tinggi seperti freezing dengan tambahan lensa.

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.