Melihat barang bekas mangkrak di pojokan, rasanya ingin buru-buru menyingkirkannya dari rumah. Kemudian digantikan dengan barang baru. Eh, jangan dibuang dulu.

Kenapa tidak dibikin ide bisnis kreatif saja? Kan lumayan banyak tuh yang sudah berhasil. Dari 5 barang bekas di bawah ini, mereka sanggup bikin karya bagus dan bernilai jual tinggi.

Baca juga:
27 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar 2020

1. Kardus

Biasanya, ketika beli barang-barang baru berukuran besar, ada sampul berbentuk kardus yang melindunginya dari benturan. Misalnya pas beli televisi, sepatu, alat pembuat keripik, dan masih banyak lagi. Kardus-kardus itu bisa Anda manfaatkan untuk bikin aneka kerajinan tangan. Bisa pula disulap menjadi tempat make-up.

Selain tempat make-up, kardus itu bagus juga kalau dibuat jadi rak buku, dudukan laptop, dudukan smartphone, serta bingkai foto. Di internet, banyak tutorial yang membahas cara-cara membuat aneka kreasi dari kardus.

Orang-orang sering menggunakan istilah DiY atau Do it Yourself karena hasil kreasi yang dibuat benar-benar anti-mainstream.

2. Tong Bekas

Kisah sukses tidak melulu datang dari pemilik media, hotel, ataupun pabrik-pabrik. Bahkan dimulai dari tong bekas, seseorang juga bisa mencapai kesuksesannya sendiri. Salah satunya bernama Agus Setiawan yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Padjadjaran. Ia sanggup menyulap tong bekas jadi kursi, meja, sofa, hingga mini bar.

Menurut pengalamannya, untuk menyelesaikan proyek aneka kerajinan dari tong bekas ini memakan waktu antara 1 hari sampai dengan 1 minggu.

Per barang, bisa dijual hingga 175 ribu Rupiah. Padahal kalau didiamkan saja, belum tentu bisa tembus 30 ribu Rupiah. Dalam satu bulan saja, Agus bahkan bisa menjual hingga 30 paket yang terdiri dari aneka kerajinan.

3. Bungkus Berbahan Plastik

Bungkus berbahan plastik bisa dengan mudah dijumpai di rumah-rumah, lapangan, ataupun tempat wisata. Misalnya bungkus kopi, deterjen, hingga bekas minuman dingin.

Daripada bungkus-bungkus itu dibiarkan menumpuk dan bikin banjir, mendingan dibuat kerajinan tangan. Iya, kan? Kunci untuk bertahan di bisnis ini hanya satu, yakni kreativitas.

Dari bungkus berbahan plastik ini bisa didaur ulang menjadi tempat tisu, dompet, hingga tas. Untuk mempercepat pengumpulan bungkusan, bisa datang ke tengkulak.

Bicara soal modal, sama sekali tidak besar kok. Mentoknya cuma 2 juta Rupiah untuk skala kecil. Nantinya harga per barang bisa Anda banderol mulai dari 15 ribu Rupiah hingga puluhan ribu Rupiah.

4. Kain Perca

Produk tekstil benar-benar telah menjamur di berbagai daerah Indonesia. Bahkan di kawasan terpencil pun sudah terbuka cabang-cabang konveksi. Alhasil, jumlah kain perca atau kain sisa terus menumpuk tak terkendali. Daripada dibuang sia-sia, kan bisa disulap jadi bantal guling, keset, tirai, boneka, dan masih banyak lagi kreasi lainnya.

Baca juga:
5 Peluang Usaha Kerajinan Tangan Berbahan Dasar Tanah Liat

Hanya saja, selain punya banyak ide bisnis kreatif, Anda juga perlu menguasai dasar-dasar keterampilan menjahit. Nantinya, potongan kain itu bisa dirangkai sendiri hingga muncul motif tertentu. Baru kemudian dibikin aneka kerajinan.

Beberapa perlengkapan yang dibutuhkan antara lain aksesoris, mesin jahit, hingga stok benang warna-warni.

5. Koran Bekas

Biasanya, koran bekas di warung-warung sering dijadikan alas gorengan. Penjual kacang rebus juga sering memanfaatkannya.

Padahal, koran bekas bisa juga dibuat jadi vas bunga, jam dinding, guci, tas, dan hasil kreasi lainnya yang berdaya jual tinggi. Per hasil kreasi, Anda bisa jual di rentang harga 20 ribu Rupiah sampai 500 ribu Rupiah.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk memulai ide bisnis kreatif ini? Tapi kalau saat ini Anda masih punya pekerjaan utama, jangan ditinggal dulu, ya. Jadikan sebagai bisnis sampingan saja. Ketika sudah memiliki banyak peminat, baru deh fokuskan seluruh tenaga dan kreativitas untuk menekuni bisnis ini.

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.