Salah satu cara mengisi waktu senggang yang saat ini banyak dilakukan adalah dengan bermain game. Tak hanya anak-anak saja, game nyatanya juga disukai oleh berbagai kalangan.

Orang-orang dewasa juga tak kalah gandrung terhadap game yang ada di ponsel. Apalagi kemajuan dunia digital semakin mendukung para developer game untuk menciptakan game-game yang menarik. Mulai dari game yang amat mudah sampai yang paling sulit sekalipun. Tentunya di Indonesia juga ada game yang memiliki banyak pemain.

Jika Anda hendak mencoba menantang diri sendiri untuk menyelesaikan game yang cukup rumit, berikut adalah daftar game nomor 1 di Indonesia yang banyak dimainkan.

Daftar Game No 1 di Indonesia

Jika Anda sering bermain game, tentu akan paham apa game yang saat ini sedang tren di kalangan para pemain. Bahkan beberapa game yang paling terkenal, sampai mengadakan kompetisi akbar.

Hal tersebut tentu merupakan buntut dari menarik dan terkenalnya game itu. Sehingga bisa mengundang begitu banyak pemain game profesional. Nah, di Indonesia sendiri memang ada beberapa game yang sangat terkenal.

Baca juga:
Ini Dia 7 Game Horror di Android Paling Seram

Game-game ini dianggap nomor 1 karena banyak yang memainkan. Untuk mengetahui apa saja gamenya, berikut ulasannya:

1. Garena Free Fire

Game pertama adalah Garena Free Fire. Game yang umum dengan sebutan FF ini memang sudah sangat terkenal. FF ini memiliki spesifikasi minimal mumpuni. Sehingga pemain mana saja pun bisa memainkan game satu ini.

Selain itu konsep permainannya juga sangat asyik untuk dicoba. Apalagi bagi Anda yang sangat suka bermain perang-perangan atau tembak-tembakan. Ditambah lagi, Free Fire ini memiliki skill based hero. Di mana para pemainnya bisa mengalahkan musuh dengan skill-skill yang unik.

Sebab popularitasnya tinggi, game ini bahkan dimainkan pula oleh para pro player, seperti tim ternama Esport, yaitu Evos, Onic, dan RRQ. Tak hanya pro player saja, para pecinta game juga sangat menggandrungi permainan ini.

Bahkan saking populernya, game ini mengadakan kompetisi internasional dengan hadiah yang sangat mengagumkan. Selain itu, game FF ternyata juga telah memperoleh penghargaan Mobile Game of The Year dari Esport Award.

Esport Award adalah semacam penghargaan oscar bergengsi dan berharga untuk game esport yang menjadi pemenang di antara game-game lainnya.

2. Mobile Legend

Game selanjutnya yang tak kalah tenar di Indonesia adalah Mobile Legend. Game no 1 ini menjadi game favorit para anak muda. Bahkan anak-anak pun banyak yang menggandrunginya.

Dibanding game lainnya pemain mobile legend dianggap paling banyak, karena dimainkan oleh berbagai kalangan. Permainan ini sejatinya lebih dikenal dengan istilah ML. Asalkan perangkat Anda bisa tersambung dengan internet, ML bisa dimainkan kapan pun. Kemudahan inilah yang kemudian juga turut mengundang banyak pemain.

Baca juga:
Ini Dia Build Karrie Tersakit di Mobile Legends

Mobile Legend sebenarnya merupakan hasil kloningan game yang berasal dari China, yakni King of Glory (KOG). Akan tetapi mungkin masyarakat Indonesia jarang yang mengetahui informasi tersebut. Alasannya karena memang KOG tidak dirilis secara global.

ML merupakan hasil dari pengembangan yang dilakukan Moonton. Sebenarnya ML ini telah mencuri perhatian banyak orang sejak 2016 lalu. Perlu Anda ketahui juga, bahwa dulu ML pernah sangat terkenal. Sekarang, game tersebut kembali menjadi favorit banyak orang.

Game ini memang memiliki banyak penggemar. Hal ini juga dikarenakan adanya skin, hero, dan budle yang semakin menarik. Jika ingin memperoleh skin, caranya pun sangat mudah. Para pemain bisa membeli diamond melalui top up, atau memanfaatkan jika ada event tertentu.

3. PUBG

Game berikutnya yang tak kalah menarik di Indonesia adalah Player Unknown’s Battlegrounds atau lebih banyak dikenal dengan sebutan PUBG. Game ini memakai sistem battle royal.

Para pemain harus bertahan hidup dengan melawan sebanyak 100 pemain lainnya. Sistem semacam ini mungkin memang sudah banyak dipakai di game lain. Akan tetapi, PUBG memiliki keunikan tersendiri, sehingga bisa menjadi no 1 di Indonesia.

Hal ini bisa dibilang karena di PUBG mekanisme yang ditawarkan kepada para pemain jauh lebih mudah, jadi bisa diterima oleh banyak orang. Nah, jika dibanding Free Fire, PUBG memiliki kelebihan tersendiri. PUBG memiliki grafis yang sangat nyata, sehingga para pemain merasa betah dan ingin terus bermain.

Sistem di sini juga mengusung recoil yang tinggi. Juga tidak mencampurkan genre fantasi apapun di dalam permainan. PUBG hanya menawarkan medan untuk para pemain berperang.

Nah, dalam PUBG, pemain harus bisa menemukan, lalu mengambil senjata, kendaraan dan peralatan lain untuk bisa bertahan hidup dalam peperangan. Selain itu, Anda juga bisa bermain game ini baik lewat mobile maupun PC.

Di awal permainan, nantinya Anda sedang berada dalam pesawat. Setelah itu pemain akan diterjunkan untuk mencari berbagai macam senjata, healing item, hingga amor.

Selanjutnya, semua itu harus dipakai untuk menghabisi para musuh. Fitur pada game sangatlah banyak, ditambah lagi grafisnya seolah sangat nyata. Sehingga kita semakin betah bermain PUBG. Ditambah lagi ada fitur mabar, duo squad yang membuat Anda akan lebih tertarik sebab bisa bermain bersama teman lainnya.

4. Roblox

Game keempat adalah Roblox. Meski urutan empat, namun jangan salah, Roblox ini adalah game no 1 di Indonesia yang memiliki banyak sekali penggemar.

Kadang Roblox memang dianggap sebagai game anak-anak. Tapi nyatanya, di dunia gamers, Roblox ini mendapatkan peringkat yang tinggi. Bahkan beberapa bulan game ini nangkring di posisi game terlaris di Play Store. Dan lagi, meski bisa dimainkan oleh anak-anak, game ini ternyata juga dimainkan oleh banyak kalangan.

Sebab keasyikan bermain game ini memang menjadi daya tarik tersendiri untuk banyak orang dewasa. Hal tersebut juga dikarenakan banyaknya mode yang bisa dimainkan. Jika Anda bosan dengan satu mode, masih banyak mode bermain lain yang menarik.

Konsep permainan yang ditawarkan juga anti-mainstream. Anda akan dibebaskan untuk membuat permainan sendiri, atau bisa juga menikmati keseruan permainan yang dibuat orang lain.

Hal inilah yang jadi daya tariknya. Sebab pemain juga bisa bebas menuangkan kreativitas dalam membuat permainan. Tema-nya juga beragam, Anda bisa bermain battle royal, petualangan, balapan, atau menyelesaikan teka-teki.

Game satu ini juga tak hanya populer di PC, tapi juga di Android dan iOS. Baik di PC maupun Android, keseruan game ini tidaklah berkurang. Jadi memang layak jika menjadi peringkat 1 di Indonesia.

Nah, bagi Anda yang belum pernah mencoba bermain Roblox, cobalah untuk mendownload dan memainkannya ya. Rasakan keseruan dan keasyikan bermain dengan gaya permainan sendiri.

5. Genshin Impact

Selanjutnya ada Genshin Impact yang menjadi game terlaris di Indonesia. Meski berumur belum lama, Gemshin besutan Mihoyo ini tak butuh waktu lama untuk menarik perhatian para gamers, khususnya yang ada di Indonesia.

Game ini dibekali dengan grafis yang amat bagus serta sangat asyik untuk dimainkan. Sebenarnya game ini memang bisa dimainkan dengan HP bagus, tapi tak usah khawatir. Kini hp-hp dengan spek tinggi harga 2 jutaan sudah banyak di pasaran. Jadi Anda juga bisa menikmati asyiknya permainan Genshin Impact dengan ponsel seadanya.

Baca juga:
Ini Dia 3 Aplikasi Pembuat Game Terbaik Wajib Anda Coba

Di game ini juga dilengkapi dengan gaya dan karakter – karakter lucu selayaknya anime. Sehingga sangat menarik dimainkan, baik sendiri ataupun dimainkan bersama teman. Dalam game ini Anda juga bisa menikmati pengalaman bermain action seperti Zelda, breath of the wild yang versi anime.

Namun Genshin Impact ini juga sangat sering di update. Sehingga kualitas karakter dan ceritanya juga semakin menarik dan terus mengalami perbaikan.Maka dari itu, tak heran jika di Indonesia bisa memasuki game no 1.

6. State of Survival: The Walking Dead Collaboration

Di daftar selanjutnya ada State of Survival dengan The Walking Dead Collaboration-nya. Game ini sangat recomended untuk Anda coba, jika ingin memainkan game bertema survival yang keren dan menarik.

Game survival biasanya banyak diminati lantaran banyaknya misi yang harus diselesaikan. Misi-misi yang menantang inilah yang banyak menarik perhatian para pemain. Sebab cara bertahan diri untuk tetap survive dari berbagai mara bahaya adalah hal yang sangat asyik diikuti.

Game State of Survival yang menggandeng series the walking dead collaboration ini sebenarnya juga terkenal di film, selain gamenya. Bahkan game asal Amerika Serikat ini tak hanya terkenal di Indonesia saja, tapi juga di berbagai negara lain, terutama negara asalnya sendiri.

Ukuran game ini juga sangatlah ringan, hanya 140 MB saja. Maka dari itu, banyak yang memainkannya, sebab tidak memakan memori banyak di ponsel Anda.

7. 8 Ball Pool

Game berikutnya yang juga recomended untuk Anda coba yaitu 8 Ball Pool. Game ini memang layak menjadi game no 1 di Indonesia. Bagi Anda yang memiliki hobi bermain billiard, tentu saja sudah tak asing dengan game satu ini.

8 Ball Pool ini bahkan sudah direview oleh lebih dari 22 juta orang. Maka dari itu, keseruan game nya tentu tak perlu diragukan lagi. Game yang dibesut oleh Miniclip itu bahkan juga telah mendapat predikat worlds #1 pool game. Maka tak heran jika di Indonesia, game ini juga sangat laris manis.

Adapun konsep yang ditawarkan dalam 8 Ball Pool sebenarnya sama saja dengan permainan billiard pada umumnya. Jadi, para pemain hanya perlu memasukkan bola yang telah disediakan ke dalam lubang.

Namun di sini, Anda bisa memilih sendiri mode permainannya. Mau duel satu lawan satu atau mengikuti turnamen nasional. Keduanya bisa kalian pilih sendiri. Menariknya lagi, Anda juga bisa menentukan level, di mana hadiah yang didapat oleh pemenang juga akan ditentukan berdasarkan levelnya.

Pastinya semakin tinggi level yang Anda pilih, hadiahnya juga semakin banyak. Nah, bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya masuk ke level yang awal lebih dulu. Anda bisa bermain di room Sydney jika masih awal-awal. Baru jika sudah cukup handal, bisa mencoba bermain di Shanghai atau Las Vegas.

8. Ludo King

Game kedelapan adalah Ludo King. Dahulu, sebelum tahun 2010, Orang-orang menggemari permainan ludo yang dimainkan di selembar kertas memakai bidak warna warni.

Tapi setelah kemunculan android, permainan ini bisa didigitalkan. Sehingga sekarang, orang-orang bisa menikmati ludo king memakai ponsel yang lebih canggih. Tampilan dan juga konsep permainannya pun tak jauh berbeda dengan yang dimainkan di kertas.

Game satu ini layak menjadi nomor 1 karena banyak yang menyukainya. Konsep permainan yang disuguhkan cukup sederhana, dan gameplaynya juga amat cocok jika dimainkan di saat bosan dan suntuk. Selain itu, game ini juga memiliki fitur multiplayer.

Dengan fitur ini, Anda bisa memainkan ludo dengan berbagai orang dari seluruh dunia. Lalu serunya lagi, game ini bisa dimainkan hingga 6 orang. Anda bisa memainkannya bersama teman-teman saat sedang berkumpul ataupun sedang berjauhan.

Aturan mainnya juga tak rumit, pemenangnya akan ditentukan dari pemain yang bisa sampai di kotak tengah lebih dahulu. Dan ternyata tak hanya orang biasa saja yang memainkan, namun para gamers profesional juga turut memainkan game satu ini.

9. Clash Royale

Selanjutnya yang tak kalah menarik dan layak menjadi nomor 1 di Indonesia adalah game real time strategy, Clash Royale. Clash Royale juga dirilis oleh perusahaan yang sama, yaitu Clash of Clans atau CoC, namun dengan sistem yang berbeda.

Game ini sangat apik untuk menguji kemampuan Anda dalam bermain. Kepintaran Anda dalam manajemen elixer dengan baik serta strategi mengcounter game satu dengan lainnya akan sangat diuji di sini.

Anda akan dituntut berpikir keras saat salah melangkah. Sebab jalan keluar untuk bisa mengembalikan keuntungan juga sangat penting demi bertahan di permainan.

Namun meski begitu, aspect pay to win yang diterapkan dalam Clash Royale ini juga masih cukup kental. Adapun konsep yang dimainkan yaitu adanya dua pemain yang diminta menyerang musuh dalam waktu bersamaan.

Nantinya, skor akhir ditentukan dari seberapa banyak tower musuh yang berhasil dirobohkan, termasuk siapa yang bisa menaklukkan tower musuh lebih cepat dan paling banyak.

Konsepnya hampir sama dengan CoC, namun ada sedikit perbedaan yang membuat game ini jadi favorit banyak orang. Jika Anda penasaran dengan permainannya, cobalah untuk mendownload dan memainkannya ya.

10. Among Us

Game berikutnya yaitu Among Us. Saking tenarnya, game ini sempat menjadi permainan yang sangat viral, sampai-sampai banyak beredar meme di media sosial yang memakai karakter di dalamnya.

Game ini juga terkenal karena konsep gameplay penghianatannya yang menarik, membuat para pemainnya kemudian banyak memposting permainan ini di media sosial. Jadi tak heran jika kemudian game ini menjadi semakin meledak dan terkenal.

Game dengan tema strategi dan aksi ini ternyata juga tak hanya terkenal dan digandrungi masyarakat Indonesia, namun juga di belahan dunia lain.

Bahkan permainan yang menawarkan adanya diskusi antar pemain dalam menentukan strategi ini sangat banyak dijadikan konten youtube. Beberapa gamers membuatnya menjadi lebih menarik untuk ditonton banyak orang.

11. Ragnarok M: Eternal Love

Bagi Anda yang senang bermain game jadul, tentu sangat paham dengan game satu ini. Ya, Ragnarok juga merupakan game no 1 di Indonesia yang sangat terkenal pada masanya.

Dulu game ini menjadi andalan dan favorit mereka yang suka bermain di warnet. Ragnarok menjadi game petualangan yang sangat menarik kala itu.

Game ini memberikan konsep petualangan yang sangat friendly. Di mana dalam permainan ini sangat ditekankan komunikasi dan hubungan antara satu sama lain.

Konsep saling membutuhkannya juga menjadi keunikan tersendiri. Akan tetapi ketika warnet sudah mulai sepi pengunjung, game ini juga ikut terdampak. Ragnarok kemudian terpaksa menutup servernya.

Namun saat ini, bagi Anda yang rindu dengan masa bermain game di warnet dengan Ragnarok mungkin bisa sedikit terobati. Anda bisa bernostalgia dengan bermain Ragnarok versi mobile. Ragnarok M: Eternal Love versi mobile ini dirilis oleh Gravity.

Selain bisa mengenang masa-masa dulu tentu Anda juga disuguhkan dengan tampilan grafis yang fresh dan bernuansa warnet zaman dulu. Menarik bukan? Jika belum pernah mencobanya, coba mainkan dan rasakan serunya bermain game jaman dulu yang menyenangkan.

12. Laplace M

Ya, menginjak ke game selanjutnya yaitu Laplace M. Game ini adalah salah game RPG di saat warnet masih ramai dikunjungi. Laplace ini menawarkan permainan dengan sistem grinding, yaitu pemain harus memburu monster kemudian menyelesaikan quest yang diberikan NPC. 

Saat ini, game Laplace M bisa Anda nikmati di mobile. Jadi game ini juga sangat menarik bagi mereka yang rindu dengan game RPG online yang pernah digrandunginya di masa sebelumnya.

Permainannya sendiri hampir mirip dengan game Ragnarok yang juga termasuk game lawas. Para pemain bisa memilih sendiri karakter yang akan menjadi aktor dalam permainan. Kemudian karakter tersebut akan berpetualang menyelesaikan misi yang telah diberikan dengan keliling dunia.

Ohya, meski namanya cukup samar, namun jangan salah. Game online satu ini memiliki tempat tersendiri di hati para pemain, terutama pemain lawas yang sempat menikmati game ini di warnet. Laplace M sangat cocok menemani waktu senggang Anda, ditambah dengan suasana grafis yang bagus dan menyenangkan.

Bagi Anda para penggemar Laplace M pada masanya, sangat disarankan untuk mencoba Laplace versi mobile yang juga sangat seru ini.

13. Minecraft

Game berikutnya yang juga no 1 di Indonesia yaitu Minecraft. Bahkan tak hanya di Indonesia, tapi juga no 1 di dunia. Minecraft sudah berusia cukup lama, perilisannya dilakukan pada tahun 2009 lalu.

Dan sampai saat ini, Minecraft telah dimainkan oleh kurang lebih 200 juta orang. Keunikan dan asyiknya konsep permainan yang ditawarkan membuat game ini menjadi begitu populer di banyak kalangan.

Bagi Anda yang senang bermain game barangkali sudah tak asing lagi dengan Minecraft. Di game ini kreativitas dan imajinasi para pemain akan sangat diuji.

Dua hal tersebutlah yang menjadi kunci dalam permainan ini. Seperti ketika bermain Anda akan diminta membuat bangunan yang beragam dengan resource yang telah disediakan.

Nah, menarik bukan? Ohya, meskipun game Minecraft ini termasuk game yang berbayar, akan tetapi di Indonesia keberadaannya masih sangat populer dan menjadi game no 1 di banyak perangkat.

14. Zona Cacing .io

Game berikutnya yaitu Zona Cacing .io. Game ini tak kalah menarik dari game sebelumnya. Barangkali konsep yang ditawarkan memang cukup sederhana. Anda hanya perlu mencari dan makan makanan yang sudah ada sampai bobotnya terus bertambah.

Nantinya Anda juga akan bersaing dengan para pemain lain. Cacing-cacing yang ada di arena sangatlah banyak, sehingga Anda perlu berhati-hati saat melangkah maju.

Apalagi jika Anda menggunakan kecepatan maksimal. Jika salah langkah, Anda akan menabrak cacing lain dan mati. Begitu juga dengan cacing lain yang akan mati menjadi makanan jika menabrak cacing yang Anda miliki.

Game satu ini akan mengingatkan Anda pada permainan snake xenzia yang bisa dimainkan di perangkat ponsel nokia zaman dulu. Jadi jika dulu Anda sangat menyukai permainan tersebut, kini Anda bisa bernostalgia dengan Zona Cacing .io.

Bedanya, Anda juga bisa bersaing dengan pemain lain. Karena nantinya juga akan ada peringkat bagi cacing yang paling besar. Maka dari itu, untuk bisa menempati peringkat utama, Anda harus pandai menyusun strategi.

Sehingga Anda tak akan menabrak cacing lain saat mencari makanan. Game sederhana ini sangatlah menarik untuk mengisi waktu luang, jadi cobalah untuk mendownload dan memainkannya ya.

15. Subway Surfers

Game ke lima belas yang juga menjadi unggulan di Indonesia adalah Subway Surfers. Game kasual ini sebenarnya telah lama dirilis, bahkan perilisannya bersamaan dengan populernya game android.

Kesederhanaan game Subway Surfers menjadi daya tarik tersendiri yang kemudian membuat banyak orang ketagihan untuk memainkannya. Jika pernah memainkannya, tentu Anda tahu betapa serunya game satu ini.

Sepanjang permainan, Anda hanya perlu memakai gerakan slide untuk bisa mengumpulkan koin serta menghindari rintangan yang sudah ada di depan. Tak hanya itu game ini juga menawarkan upgrade yang bisa membuat Anda tidak akan bosan bermain.

Jika bisa mengumpulkan banyak koin dan melakukan upgrade, karakter dalam game juga akan memiliki kemampuan lebih tinggi. Seperti berlari lebih cepat dan melompat lebih tinggi. Jadi tak heran jika permainan sederhana ini bisa menjadi unggulan dan no 1 di Indonesia.

16. Rules of Survival

Game terakhir yang juga menjadi unggulan di Indonesia adalah Rules of Survival. Game ini sebenarnya tak beda jauh dengan beberapa game yang sudah ada di atas. Rules of survival memiliki konsep yang hampir sama dengan free fire atau PUBG Mobile. Akan tetapi game satu ini tak kalah seru dibanding game sebelumnya. Sehingga layak untuk menjadi game no 1 di Indonesia.

Rules of Survival menawarkan permainan menembak yang luar biasa. Anda akan diminta untuk menembak satu sama lain dan memperebutkan juara 1. Senjata dan peralatan menembaknya juga sangat canggih dan banyak. Anda bisa memilih sendiri hendak memakai senjata yang mana.

Tentu saja setiap senjata memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk teknik memakai yang berbeda. Jadi Anda harus jeli dalam memilihnya. Jika penasaran, langsung saja coba mainkan game ini ya.

Nah, itulah tadi beberapa game no 1 di Indonesia yang recomended untuk Anda. Jika hendak bernostalgia dengan game-game lawas era warnet yang sekarang memiliki versi baru melalui mobile juga sudah bisa.

Jadi jangan lewatkan game-game seru yang sudah dibahas di atas ya. Kesemuanya pernah menjadi game terbaik dan sangat digandrungi oleh para gamers di Indonesia. Jika Anda belum pernah mencoba salah satunya, maka cobalah mulai sekarang.

Dengan bermain game yang menyenangkan di waktu senggang, tentu kita akan lebih bahagia. Apalagi jika bertemu dengan game terbaik yang cocok untuk dimainkan. Selamat mencoba ya. 

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.