Pada dasarnya mendirikan atau menjalankan sebuah usaha memerlukan beberapa persiapan. Tidak terkecuali mengenai izin usaha.

Perlu Anda ketahui untuk memudahkan pengusaha dalam proses memperoleh izin usaha kini pemerintah telah melahirkan kebijakan baru berupa NIB. NIB adalah Nomor Induk Berusaha, berikut ini penjelasannya.

Apa Itu Nomor Induk Usaha atau NIB?

Secara sederhana, nomor induk usaha merupakan kebijakan terbaru dari pemerintah sebagai pengganti surat izin terdahulu yang wajib dimiliki oleh setiap pengusaha. NIB menjadi sebuah identitas berusaha setiap perusahaan yang digunakan oleh para pelaku usaha untuk mendapatkan izin usaha baik operasional maupun komersial.

Baca juga:
27 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar 2020

NIB atau nomor induk berusaha sama halnya dengan NIK atau nomor induk kependudukan yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia yang telah memenuhi syarat.

Selain menjadi bukti identitas sebuah perusahaan NIB sekaligus juga berfungsi sebagai dokumen perusahaan penting lainnya seperti TDP atau tanda daftar perusahaan, API atau angka pengenal impor, dan akses kepabeanan.

Apa Manfaat Nomor Induk Usaha atau NIB?

Adapun manfaat nomor induk berusaha adalah terkait dengan memudahkan. Adanya NIB dapat memberikan beberapa kemudahan kepada pelaku usaha atas usaha yang sedang dijalankannya. Berikut ini manfaat NIB bagi pelaku usaha sekaligus proses jalannya usaha.

1. Memudahkan Proses Pinjaman Guna Pembiayaan Perusahaan

Dalam menjalankan aktivitas usaha modal adalah hal pokok yang perlu dipastikan keberadaannya di awal proses usaha. Pinjaman atau investor adalah sebagian solusi untuk pembiayaan perusahaan.

Dalam hal ini kepemilikan nomor induk berusaha dapat menjadi tanda yang mampu meyakinkan investor untuk bersedia memberi suntikan dana. NIB memberikan bukti bahwa perusahaan telah memiliki izin secara resmi.

Baca juga:
Ajukan Pinjaman Modal Usaha di Bank, Penuhi Syarat Ini!

2. Mempercepat dan Mempermudah Pengembangan Usaha 

Kepemilikan nomor induk berusaha menjadi sebuah legalitas sebuah perusahaan sehingga dapat berpengaruh pada kecepatan pengembangan usaha.

Pengembangan usaha akan dapat menjadi lebih cepat dilakukan sekaligus bebas dari gangguan rasa khawatir akibat belum adanya legalitas perusahaan. Legalitas perusahaan dapat berdampak pada kepercayaan konsumen dan juga para investor.

Apa Saja Tahapan Pembuatan NIB?

NIB atau nomor induk berusaha yakni kebijakan baru yang diciptakan pemerintah. Para pelaku usaha atau pengusaha tidak perlu mengurus dokumen usaha terkait dengan surat izin usaha lainnya lagi dengan kepemilikan nomor ini.

Terdapat beberapa tahapan yang perlu dipenuhi para pengusaha dalam rangka pengajuan pembuatan nomor atau nomor induk berusaha.

Berdasarkan peraturan pemerintah mengenai pelayanan perizinan kini sudah terintegrasi secara elektronik melalui online single submission atau disingkat OSS.

Melalui OSS ini perizinan yang diperlukan untuk aktivitas usaha dapat dilakukan secara online. Pembuatan NIB termasuk tahap awal yang perlu dilakukan sebelum mengurus izin usaha yang lain.

Berdasarkan ketetapan OSS pelaku usaha terbagi menjadi 2 jenis yakni pelaku usaha perorangan dan non perorangan. Keduanya akan mempengaruhi dokumen serta informasi yang diperlukan dalam pengajuan pendaftarannya.

Anda dapat mengakses situs OSS untuk pendaftaran akun. Melalui akun tersebut terdapat beberapa data yang perlu diisi guna pengajuan pembuatan NIB.

Nama dan nomor identitas kependudukan, alamat tempat tinggal pelaku usaha diperlukan secara lengkap pada bagian ini. Selanjutnya isikan data mengenai bidang usaha yang hendak dijalankan, lokasi penanaman modal beserta besaran rencananya, dan rencana pemanfaatan tenaga kerja, nomor kontak usaha, rencana permintaan fasilitas juga NPWP pelaku usaha.

Hanya saja pada pelaku usaha non perorangan terdapat perbedaan dokumen yang perlu ditambahkan dalam pengajuan pendaftaran NIB yakni berupa akta pendirian. Setelah seluruh data dan syarat dilengkapi pihak lembaga OSS akan menerbitkan nomor ini yang kemudian menjadi bukti bahwa perusahaan Anda telah resmi terdaftar.

Itulah informasi mengenai NIB. Berbeda halnya dengan tanda daftar perusahaan yang memiliki masa berlaku 5 tahun, masa berlaku NIB adalah selamanya selagi aktivitas usaha masih berjalan sesuai dengan ketentuan perundang undangan.

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.